Bisnis merupakan hal yang sangat diperhitungkan saat ini, mulai dari bisnis fashion, kuliner, travel hingga sewa unit apartemen. Bisnis sewa apartemen telah menjadi sasaran para pengusaha untuk menghasilkan pundi kekayaan. Karena faktanya sekarang masyarakat millennial lebih memilih tinggal di apartemen dibanding menyewa kost-kostan atau kontrakan. Harga sewa apartemen beragam mulai dari 4 jutaan per bulan hingga 10 jutaan per bulan itu tergantung titik lokasi apartemen dan fasilitas yang ditawarkan. Peluang ini ternyata dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis sewa apartemen, mereka membeli unit apartemen untuk keuntungan melalui sewa apartemen. Namun menjalankan bisnis apartemen tidaklah mudah. Banyak yang harus dipelajari salah satunya kamu harus jeli dan mengetahui celah untuk menghasilkan yang dari bisnis tersebut. untuk itu berikut tips memulai bisnis sewa apartemen untuk pemula:

  1. Cari Lokasi apartemen yang strategis

Ketika kamu akan memulai bisnis sewa apartemen, hal penting pertama yang kamu cermati yaitu pemilihan lokasi apartemen yang strategis. Karena jika lokasi apartemen yang strategis akan menghasilkan harga sewa yang besar sehingga bisa kamu patok untuk harga sewanya. Carilah apartemen yang mempunyai mobilitas jalan dan dekat dengan fasilitas umum contohnya universitas, perkantoran, rumah sakit, jalan tol, dan tempat lainnya. Ini juga sebagai nilai tambahan karena calon penyewa mencari lokasi apartemen yang dekat dengan fasilitas umum. Bahkan kamu harus mencari juga apartemen dengan keamanan paling ketat sehingga apartemen kamu cepat laku untuk di sewa. Sebagai info, kamu bisa mengecek apartemen Green Pramuka City yang bisa kamu perhitungkan untuk memulai bisnis.

  1. Tentukan Target pasar

Kedua yaitu tentukan target pasar yang akan kamu pilih, Tentukan apakah untuk penyewa sendiri atau berkeluarga. Dari target pasar kamu bisa menentukan tipe apartemen yang cocok dengan target pasar mu. Untuk pembelian tipe apartemen, ada beberapa tipe yang cocok untuk target pasar mu seperti tipe studio, 1 (bedroom), 2 (bedroom), atau 3 (Bedroom). Contohnya jika kamu memilih tipe studio, saran kami sewakan kepada calon penyewa yang masih sendiri karena jika kamu menawarkan kepada yang sudah berkeluarga dirasa kurang cocok.

  1. Dekorasi apartemen

Melakukan dekorasi ulang menjadi salah satu faktor penting agar apartemen kamu menarik dan cepat laku untuk disewa orang. Percantik dekorasi ruangan apartemen kamu dengan penambahan fasilitas yang kurang lengkap ketika kamu pertama kali membelinya. Dengan melakukan dekorasi ulang, kamu akan mendapatkan point lebih dimata calon penyewa karena setiap calon penyewa akan membanding-bandingkan beberapa unit apartemen sebelum mereka memutuskan untuk menyewa

  1. Iklankan apartemen kamu melalui online atau agen

Sekarang kamu tidak perlu bingung dalam memasarkan apartemen kamu. Kamu bisa melakukan promosi melalui media online atau situs penyedia jasa karena kebanyakan para calon penyewa akan memanfaatkan fasilitas online untuk mencari apartemen. Oleh karena itu kamu harus memanfaatkan online sebagai media promosi sewa apartemen kamu. Selain itu juga kamu bisa bekerjasama dengan agen properti untuk mengiklankan unit apartemen mu. Namun disini ada biaya tambahan yang harus kamu keluarkan tetapi dengan jasa agen properti akan mempercepat unit apartemen mu disewa calon pelanggan

  1. Perhatikan calon penyewa

Terakhir sebelum anda akan menyewakan kepada calon penyewa, anda menyeleksi si calon penyewa karena ini akan memberikan resiko untuk apartemenmu. Beberapa hal kamu bisa melakukan perjanjian sewa apartemen dan juga mengecek kartu identitas penyewa asli atau tidak. Kamu juga bisa menanyakan tujuan menyewa apartemen dan memperhatikan karakter penyewa. Berilah peraturan selama tinggal di dalam apartemen agar menjaga kenyamanan dan ketertiban selama menyewa apartemen.