Hidung tersumbat merupakan salah satu gangguan kesehatan yang rentan dialami oleh masyarakat, mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa. Meskipun dikatakan sebagai kondisi yang sepele. Namun hal ini ternyata cukup menganggu aktivitas, karena membuat kesulitan bernapas, bahkan sering kali disertai dengan demam sampai pusing. Tanya dokter THT terkait dengan kondisi Anda tersebut. Karena bisa jadi sebenarnya hidung tersumbat merupakan salah satu gejala penyakit berbahaya.

Sebenarnya kondisi semacam ini bisa diatasi atau diobati sendiri jika seandainya faktor penyebabnya memang tidak terlalu parah. Namun jika merupakan gejala dari penyakit berbahaya, sudah pasti harus mendapatkan penanganan atau pengobatan serius dari dokter bukan. Untuk itu maka berikut ini diantaranya ada beberapa faktor penyebab dari hidung tersumbat yang harus Anda ketahui, diantaranya adalah:

  1. Batuk pilek, ini termasuk kondisi yang sangat umum terjadi, ketika terjadi peradangan atau infeksi yang disebabkan oleh virus sering kali menyebabkan masalah pada saluran pernapasan di bagian atas. Sehingga hidung menjadi tersumbat dan kesulitan untuk bernapas, kondisi semacam ini pada dasarnya bisa sembuh dengan sendirinya, yaitu antara 7 hingga 10 hari.
  2. Flu, penyakit influenza pada dasarnya disebabkan oleh virus yang menyerang sistem pernapasan, diantaranya adalah pada hidung, tenggorokan sampai dengan paru-paru yang sangat mungkin juga untuk menyebabkan komplikasi dengan masalah kesehatan yang lainnya. jika sampai terjadi komplikasi tentunya berbahaya dan harus segera dilakukan penanganan.
  3. Sinusitis, biasanya sinusitis ini disebabkan oleh batuk pilek yang kemudian berkembang menjadi akut. Saat terjadi sinusitis ini maka jaringan yang ada di dalam hidung mulai meradang dan juga membengkak, sehingga kemudian rongga hidung menjadi menyempit kemudian kesulitan untuk bernapas, produksi lendir juga akan mengalami peningkatan yang menyumbat hidung.
  4. Alergi, banyak orang yang menderita alergi karena beberapa zat tertentu, diantaranya adalah debu, kemudian juga udara dingin, sehingga ketika terpapar zat allergen ini kemudian menyebabkan terjadinya gangguan pada sistem pernapasan, produksi lendir yang ada di rongga hidung mulai meningkat dan menyebabkan hidung menjadi tersumbat, bahkan disertai dengan bersin-bersin layaknya pilek.

Lalu bagaimanakah caranya untuk mengobati masalah hidung tersumbat tersebut? Karena pada dasarnya masalah kesehatan ini dapat diobati sendiri, yaitu dengan:

  1. Minum obat penghilang rasa sakit, obat-obatan dengan kandungan paracetamol maupun ibuprofen dapat membantu untuk hilangkan rasa sakit yang disebabkan oleh hidung tersumbat, namun pastikan untuk membaca aturan pakai pada saat mengonsumsinya.
  2. Antihistamin, jika seandainya kondisi tersebut disebabkan oleh paparan bahan penyebab allergen, maka Anda dapat mengatasinya dengan cara mengonsumsi obat-obatan antihistamin. Sehingga nantinya dapat mengurangi keluhan akibat hidung tersumbat tersebut.
  3. Dekongestan, zat yang satu ini memiliki sifat untuk mengurangi pembengkakan yang terjadi pada hidung tersumbat. Obat ini juga tersedia dalam berbagai macam bentuk, diantaranya adalah obat-obatan oral dan juga obat nasal dekongestan yang cara pakainya adalah dengan di semprotkan secara langsung pada bagian hidung penderitanya. Namun jika ingin yang efeknya cepat, maka lebih dianjurkan bagi Anda untuk menggunakan obat semprot, karena memang efeknya bisa langsung dirasakan.

Imbangi juga pemakaian obat-obatan tersebut diantaranya adalah dengan minum lebih banyak air, kemudian menghirup uap air hangat dan juga mandi dengan memakai air hangat. Jika ada keluhan-keluhan lain yang menyertainya maka bisa tanya dokter THT, konsultasi mudah lewat aplikasi Halodoc.