Setir Mobil Berbunyi ketika Belok? Kamu Wajib Cek 4 Bagian Ini!

  • 2 min read
  • Sep 14, 2019
Setir Mobil Berbunyi ketika Belok

Sumber : dailysocial.id

Banyak sekali hal yang sering membuat pemilik kendaraan roda empat risau ketika mengendarai mobil sendiri. Misalnya saja setir yang berbunyi decit setiap mau belok kanan maupun kiri, pastinya bikin sebel banget kan?. Nah, penyebab dari bunyi yang ditimbulkan saat setir dibelokkan tersebut bisa pertanda ada beberapa bagian mobil rusak atau bermasalah.

Kalau kamu mau tahu, inilah beberapa penyebab setir mobil yang berbunyi saat dibelokkan. Check this out!

  1. Kendornya bearing

Sumber : mobilmo.com

Laher atau sering disebut juga dengan bearing ini menjadi salah satu komponen pada kendaraan bermotor yang wajib harus ada. Fungsi dari bearing sendiri adalah sebagai pencegah terjadinya gesekan yang berlebihan pada komponen bergerak dan diam, sehingga dapat meredam bunyi. Dari fungsinya itu, bearing sangat membutuhkan rotasi pada sebuah barang.

Maka jika bearing pada mobil mulai kendor maupun rusak, bisa dipastikan itulah penyebab dari berbunyinya setir saat dibelokkan. Solusi untuk masalah ini, kamu bisa membawa mobil kamu di bengkel terdekat dan memberikan pelumas. Jika itu tidak berpengaruh maka kamu harus ganti dengan bearing yang baru. Banyak kok di bengkel-bengkel yang jual bearing berkualitas dengan harga yang tidak mengecewakan.

  1. Masalah pada CV joint

Sumber : berita.rajamobil.com

Salah satu komponen yang bertugas untuk membelokkan poros putaran pada setir mobil agar tingginya setir dapat disesuaikan dengan kenyamanan pengemudi adalah CV joint atau disebut juga constant velocity joint. Berkat adanya CV joint ini meskipun setir mobil sering dinaikkan atau diturunkan, putaran pada setir akan tetap tersalurkan ke roda dengan baik.

Oglek atau bergoyangnya CV joint ini menjadi masalah yang sering terjadi pada bagian ini, jadi tak heran jika getaran yang dihasilkan setir saat dibelokkan akan berlebih. Cara mendeteksinya, kamu bisa mencoba menggoyangkan bagian CV joint melalui poros pada setir mobil yang terletak di bawah dashboard. Jika goyangan yang dihasilkan sedikit kamu bisa menambahkan pelumas pada CV joint ini. Berbeda lagi jika goyangan yang dihasilkan cukup keras, kamu harus menggantinya terlebih dahulu.

  1. Rusaknya komponen tie rod

Sumber : liputan6.com

Selain dua komponen di atas, penyebab dari bunyinya setir mobil saat dibelokkan juga bisa terjadi pada tie rod yang rusak. Boot tie rod menjadi salah satu yang berfungsi sebagai pelindung ball joint pada bagian lengan setir dari debu maupun kotoran.

Hal ini bertujuan agar pelumas yang ada di dalam ball joint tidak bocor. Sebab kebocoran pada ball joint dapat berakibat memicu terjadinya gesekan pada ball joint ketika setir dibelokkan. Selain pada bootnya, kebocoran ball joint juga bisa disebabkan oleh tie rodnya itu sendiri. Kerusakan pada tie rod bisa kamu cek dengan cara menggoyangkan lengan tie rod, jika terasa sangat ringan berarti tie rodnya rusak.

  1. Rusaknya power steering

Sumber : camargus.com

Selain itu bunyi setir saat dibelokkan juga dapat disebabkan oleh rusaknya power steering, apalagi pada bagian pompanya. Hanya dengan merasakan apakah setir menjadi berat atau tidak ketika dibelokkan, ini menjadi hal yang paling mudah ditemukan ketika setir berbunyi saat dibelokkan.

Jika kamu merasakan berat saat membelokkan setir mobil, maka komponen pada power steering menandakan rusak. Akibat dari kerusakannya itu sendiri yaitu kekurangan oli. Selain itu penyebab lainnya juga bisa terjadi akibat rusaknya pompa pada power steering.

Demikian beberapa penyebab setir mobil yang saat dibelokkan menimbulkan suara yang tidak enak. Jika kamu kesulitan, kamu bisa konsultasi ke bengkel terdekat dan jangan coba-coba service sendiri jika tidak tahu dunia otomotif, ya!. Baca juga Tips Memeriksa Tekanan Ban Mobil Terbaik.