Rekomendasi Townhouse Terbaik

  • 3 min read
  • Apr 14, 2021
Townhouse

Jika kamu pernah atau baru mau mencari rumah, pasti kamu akan mencari iklan rumah yang biasanya terdapat tulisan Townhouse, Cluster Home. Setiap term yang digunakan ini menunjukkan kategori dari rumah-rumah tersebut. Untuk rumah yang tipe-tipe biasa pasti sudah banyak orang yang tahu, saat ini juga sudah banyak ditemukan townhouse Jakarta yang terdapat di rumah.com.

Berikut pengertian dari Townhouse, Cluster House,  yang akan saya berikan dibawah ini, simak dengan keseluruhan ya!

  1. Townhouse

Rumah townhouse adalah sebuah rumah yang memiliki tampilan seperti rumah teres yang memiliki banyak tingkat, akan tetapi dibagi dengan tingkat yang dimiliki orang lain. Rumah ini bisa kita bayangkan seperti ground floor yang seperti rumah teres. Misalnya sebelah kanan rumah kamu dan sebelah kiri adalah rumah orang lain. Namuan pada tingkat 1 kamu di gabung dengan tingkat 1 orang lain. Berikut ciri-ciri dari rumah Townhouse.

  • Hampir mirip dengan rumah teres akan tetapi lebih tinggi
  • Memiliki satu townhouse dengan dua unit
  • Memiliki banyak orang yang menghuninya
  • Setiap unit mempunyai akses masuk ke rumah lain agar bisa menjaga privasi satu sama lain.
  • Terdapat tangga sebagai akses untuk ke unit yang ke atas namun tidak akan mengganggu akses masuk ke bawah.
  • Developer juga banyak yang menyediakan lift instead dengan tangga agar lebih memudahkan.
  • Biasanya townhouse ini terdiri dari 4 tingkat, setiap tingkat dimiliki hanya satu pemiliki.
  • Ada juga townhouse yang memiliki desain yang unik karena di sertai dengan balkon di atasnya.
  • Terdapat area parkir yang luas, baik di depan mau pun di belakang, namuan ada juga tempat parkir yang di khusus kan untuk penghuni townhouse.
  • Ada juga developer yang menyediakan basement parkir untuk townhouse
  • Townhouse ini banyak juga yang terdapat pagar di depanya dan ada juga yang tidak di lengkapi dengan pagar.
  • Catatan

Townhouse ini sangat cocok untuk keluarga yang ini yang memiliki banyak anggota keluarga misalnya orang tua tinggal di unit satu dan sisanya di tempat oleh sanak saudara.

  1. Cluster House

Cluster sendiri jika kita artikan kedalam bahasa Indonesia adalah kelompok. Jadi dengan begitu kita bisa artikan bahwa cluster house adalah rumah yang berkelompok. Rumah rumah ini hampir sama dengan komplek perumahan akan tetapi memiliki ukuran lebih kecil di bandingkan dengan Komplek perumahan.

Atau bisa di artikan rumah ini tidak memiliki lorong belakang seperti yang ada pada rumah teres, kemudian rumah-rumah ini biasanya memiliki ukuran dan juga tipe yang sama.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah Hunian Townhouse

Townhouse memang memiliki tampilan lebih private, tenang, dan membuat nyaman, namun tidak semua orang cocok tinggal di townhouse. Jadi agar kamu tidak salah pilih, berikut ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum membeli unit hunian ini dalam perumahan ini.

  1. Interaksi Sosial

Townhouse memiliki jumlah rumah yang tidak banyak, dan memiliki konsep yang lebih tertutup, tentunya hal ini akan mempengaruhi kehidupan sosial kamu. Rumah jenis ini hanya cocok untuk kamu yang tidak masalah, jika sosialisasi dengan tetangga atau antar penghuni terbatas.

  1. Desain dan Gaya Arsitektur

Townhouse di kembangkan dengan gaya arsitektur serta desain seragam, kemudian unit ini di bagian dalamnya tidak bisa di ubah sesuai dengan keinginan peribadi. Jadi, jika kamu berencana untuk merenovasi bentik unit hunian, maka rumah townhouse ini bukan pilihan yang tepat, namun untuk kamu yang suka dengan alakadarnya townhouse bisa menjadi pilihan yang cocok.

  1. Lokasi

Townhouse juga sama seperti Property lainnya, jika kamu tertarik untuk membeli unit rumah dalam townhouse, maka lokasi menjadi salah satu aspek yang penting untuk diperhatikan.

Memang sih, townhouse sudah dibangun di perkotaan, akan tetapi akan lebih baik jika kamu memilih yang memiliki jarak yang dekat dengan tempat kerja, fasilitas umum, dan lain sebagainya.

Kemudian kamu harus memastikan lokasi dari townhouse ini tidak jauh dari tempat-tempat yang sering kamu kunjungi, misalnya seperti kantor, sekolah, dan destinasi penting lainnya.

Oleh sebab itu, kamu akan mudah melakukan mobilitas kamu dan keluarga yang akan tetap lancar, karena jarak dari rumah ke tempat-tempat di atas atau tempat yang sering kamu kunjungi memiliki jarak yang tidak jauh. Kamu juga akan lebih menghemat waktu, biaya transportasi, dan biaya-biaya lainnya.

Untuk itu jangan sampai kamu salah pilih lokasi untuk hunian, yang nantinya akan berakhir untuk menghambat semua aktivitas yang akan kamu jalani setiap harinya.

  1. Perhatikan Developer-nya

Mengetahui seluk beluk menganai developer yang mengembangkan townhouse ini adalah hal yang sangat tidak boleh di lupakan, seperti halnya saat kita akan membeli property yang lainnya, townhouse juga pastinya memiliki seorang developer. Untuk itu kita harus memperhatikan seluk-beluk dari developer tersebut. Dan juga pastikan bahwa developer tersebut memiliki reputasi yang baik atau track record yang bagus. Dengan begitu kamu akan lebih aman dalam menyewa atau juga membeli rumah dalam townhouse tersebut. Perlu di ingat bahwa developer yang bagus itu, selalu terbuka dengan semua hal yang berhubungan dengan penjualan dan pembelian townhouse tersebut.

Bagaimana? Apakah kamu semakin tertarik untuk memiliki hunian yang eksklusif yang terdapat dalam townhouse. Kamu bisa mencari hunian townhouse di berbagai kawasan yang ada di Indonesia melalui rumah.com mulai dari townhouse Jakarta dan kawasan lainnya.