Bagi sebagian orang yang merayakan hari valentine, kurang sempurna rasanya bila tidak menjadikan cokelat sebagai hadiah teristimewa kepada orang-orang terkasih. Kondisi itu menjadi peluang usaha bagi mereka yang menekuni usaha musiman. Seperti usaha rumahan dadakan yang bermunculan untuk mendulang rupiah dari momen hari kasih sayang. Di komplek BTN Pepabri Desa Terusan Kecamatan Sindang misalnya, ada warga yang berinovasi memadukan buah mangga dengan cokelat. Menjadi Coklat Mangga Indramayu.

Yeyen, salah seorang warga yang menggeluti usaha tersebut menilai mangga yang menjadi ikon Kabupaten Indramayu, tidak hanya sebatas simbol. Namun mampu dibuat menjadi beragam olahan, sehingga mampu mendatangkan rupiah. Di tangan Yeyen, buah mangga itu dipadukan dengan Cokelat untuk memenuhi kebutuhan konsumen menjelang perayaan hari valentine.

Inovasi baru dengan memadukan antara dodol mangga dan cokelat itu, ternyata mampu menghasilkan sensasi rasa yang unik. Perpaduan keduanya, mampu menghasilkan rasa asam dan manis. Rasa itu yang menjadikan daya tarik untuk menghadapi persaingan penjualan cokelat.
“Mulanya ide ini muncul dari percobaan kecil. Melihat peluang penjualan cokelat di hari valentine yang meningkat, akhirnya saya memberanikan diri untuk memadukan cokelat itu dengan buah mangga sebagai buah khas Indramayu,” tutur

Dirinya berbagi cerita tentang cara pembuatan cokelat yang terbilang sangat sederhana. Proses produksi cokelat mangga itu diawali dengan mengupas dan membersihkan buah mangga sebagai bahan campurannya. Mangga yang telah dikupas dan dibersihkan itu, selanjutnya terlebih dahulu diolah menjadi dodol mangga.

Setelah terbentuk adonan dodol mangga, langkah selanjutnya adalah mencairkan batangan cokelat asli di atas nyala api. Setelah cokelat itu meleleh, kemudian adonan siap dibentuk sesuai permintaan dan pola cetakan yang tersedia. Setiap cetakan cokelat yang akan dibuat, terlebih dahulu dicampurkan adonan dodol mangga yang telah dibuat sebelumnya.

Kedua adonan yang telah tercampur itu, selanjutnya dituangkan ke dalam cetakan yang telah dibentuk berbagai macam model yang diinginkan. Setelah adonan mengering dan berubah menjadi padat, sensasi perpaduan antara rasa asam dari buah mangga dan manisnya cokelat berpadu menjadi satu rasa yang klop.

“Kita bisa bentuk dengan aneka model cetakan. Mulai dari pola hati, lingkaran, hingga berbentuk toples cokelat,” sebutnya.
Buah karya dengan sebutan Manggo’s Chocolate itu terus kebanjiran pesanan untuk edisi valentine tahun ini. Tidak hanya di Indramayu, Manggo’s Chocolate juga telah sampai ke Cirebon, Bandung, hingga ke Jakarta. Harganya tidak sampai membuat kantong jebol. Cukup

Bagaimana cara Membuat Coklat Mangga Indramayu?

Bersihkan terlebih dahulu buah mangga dengan mengupas kulitnya dan mencucinya dengan air hingga bersih.
Ambil daging mangganya saja dan buang bijinya terus seperti itu hingga mangga habis.
Masukan daging mangga kedalam blender dan blender hingga semunya halus dan lembut.

Kemudian siapkan wajan dan letakan diatas kompor lalu tuangkan daging mangga yang telah diblender kedalam wajan tadi.
vanili bubuk, dan agar- agar bubuk putih sambil diaduk hingga rata.
Masak terus sambil terus diaduk –aduk hingga semuanya larut , merata dan mengental.
Jika sudah lalu angkat dan biarkan hingga dingin.
Dodol mangga siap dinikmati.

Seperti itu Cara Membuat Dodol Mangga Manis Enak yang tadi kami bahas. Nantikan juga resep dodol buah yang lain. Terima kasih.
Anda belum sah ke Kota Mangga yang merupakan sebutan Indramayu Jawa Barat sebelum memborong oleh-oleh dodol mangga. Maklum, dodol mangga ini menjadi ciri khas Kota Indramayu. Tidak sulit mencari dodol ini. Nyaris di sepanjang jalan kita menemukan penjualnya dan dijual murah.