Masyarakat awam sering mengidentifikasikan perut kembung dengan masuk angin yang ditandai dengan perut membesar, sering bersendawa dan sering buang angin. Penderita perut kembung akan merasa begah atau tidak nyaman di sekitar perut hingga merasa nyeri. Penderita juga bisa mengalami diare, nafsu makan berkurang hingga nyeri di bagian dada jika perut kembung tidak segera diobati. Apa sebenarnya yang menjadi penyebab perut kembung dan bagaimana cara mengatasi perut kembung? Berikut ini uraiannya untuk Anda.

Perut kembung memang disebabkan karena adanya massa udara di perut yang terlalu banyak. masa udara tersebut tercipta karena beberapa hal misalnya makan makanan pedas, makan terlalu cepat atau tanpa dikunyah, minum minuman bersoda atau sering mengkonsumsi permen karet. Selain sebab tersebut, beberapa kebiasaan ini juga memiliki efek menjadikan perut kembung yang perlu Anda waspadai yaitu:

  • Merokok.
  • Mengkonsumsi minuman beralkohol.
  • Sering sembelit.
  • Makan makanan berlemak.
  • Makan terlalu banyak.

Selain kebiasaan penderita, perut kembung juga bisa menjadi gejala dari adanya penyakit yang lain seperti:

  • Kondisi maag.
  • Kondisi intoleransi gula.
  • Penyakit tukak lambung.
  • Infeksi usus.
  • Hernia.
  • Miom dan kista.
  • Iritasi pada usus.
  • Dsb.

Perut kembung merupakan hal yang biasa terjadi pada manusia dan umumnya bisa diatasi secara alami melalui buang gas dan sendawa. Namun jika Anda merasa sangat terganggu dan ingin agar perut kembung segera berlalu, cara berikut ini mungkin bisa dipraktekkan:

  • Sengaja buang angin atau sendawa.

Memaksa tubuh untuk buang angin atau bersendawa juga bisa membantu untuk udara di dalam perut agar keluar. Selain membuat tubuh buang angin, Anda juga bisa mengkonsumsi pepaya atau bahan alami lainnya untuk buang air besar karena udara akan ikut keluar saat Anda buang air besar.

  • Kompres air hangat.

Mengalami perut kembung selagi Anda berada di rumah, Anda bisa mengatasinya dengan lebih cepat karena dapat membuat kompres air hangat. Gunakan kain atau handuk dan celupkan pada air hangat kemudian peras dan tempelkan pada perut untuk memberikan sensasi hangat agar udara mengalir ke luar.

  • Aktif bergerak.

Udara akan lebih mudah keluar dari tubuh jika Anda menggunakan tubuh Anda untuk bergerak. Berjalan kaki atau mengerjakan pekerjaan rumah tangga bisa menstimulasi perut untuk mengeluarkan udara baik dengan bersendawa atau buang angin.

  • Pijat perut.

Udara yang terperangkap di dalam perut bisa juga Anda pandu untuk menemukan jalan keluar. Caranya adalah dengan memijat perut agar udara terarah ke luar melalui buang angin. Namun cara ini harus dilakukan dengan benar agar tidak melukai organ tubuh.

Selain cara untuk mengatasinya, perut kembung juga tak akan sering kambuh jika Anda melakukan upaya pencegahan yaitu:

  • Makan perlahan.
  • Tidak makan makanan terlalu pedas.
  • Tidak mengkonsumsi alkohol dan merokok.
  • Tidak makan berlebihan dalam satu kali makan.

Cara mengatasi perut kembung tersebut di atas memang mudah, namun bukan berarti Anda bisa menyepelekannya. Perut kembung akan membuat badan terasa begah dan berat sehingga tidak nyaman untuk beraktivitas. Seringnya gejala ini terjadi juga bisa menjadi ciri adanya penyakit kronis di dalam tubuh khususnya organ pencernaan. Karenanya dibandingkan dengan mengobati, ada baiknya Anda menjaga kebiasaan makan dan olahraga untuk menghindari perut kembung.