Menemukan Harta Karun untuk Pendidikan

  • 2 min read
  • Jun 26, 2019
jenis metode penelitian

Aku saat ini bekerja di sebuah aplikasi baru yang bergerak di bidang pendidikan. Aplikasi ini adalah aplikasi platform bimbel online dimana memiliki banyak produk untuk dikenalkan ke publik. Mungkin aplikasi ini sudah familiar di Jakarta karena yang menjadi brand ambassadornya adalah Iqbal pemeran film Dilan. Yap benar sekali, aplikasi ini adalah aplikasi Ruangguru.

Ruangguru merupakan aplikasi bimbel online dimana aplikasi ini memiliki banyak produk yang dapat dipilih oleh penggunanya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan dari penggunanya. Aku bekerja disana tapi aku belum pernah menggunakan aplikasi tersebut.

Sampai suatu ketika adikku sedang berkumpul dengan teman-temannya di rumah, ternyata mereka sedang membahas sebuah penelitian. Penelitian itu memang ada di tingkat akhir kelas 12. Mereka sedang membicarakan penelitian itu, tapi yang aku dengar obrolan perencanaan penelitian mereka sangat berantakan dan tidak tersistematis.

Akhirnya aku mencoba untuk menghampiri dan memberikan solus. Bahwa dalam melakukan penelitian semuanya harus dilakukan berurutan dan tersistem agar penelitian yang dilakukan tidak lari-lari dari tujuan awal penelitian tersebut.

  • Pertama aku berikan saran mereka untuk menentukan penelitian apa yang ingin mereka teliti, dari segi apa dan bagaimana
  • Setelah itu menentukan jenis metode penelitian apa yang ingin mereka gunakan, ini penting karena jenis metode penelitian akan mempengaruhi hasil dari penelitian kita, apakah hasilnya akan sesuai dengan tujuan atau tidak, atau apakah penelitian ini tetap pada jalurnya dan jalannya.
  • Setelah itu menentukan akan mengambil data dengan jenis pengambilan datanya menggunakapan apa, apakah wawancara, anget atau lainnya.
  • Terakhir baru menentukan landasan teori dan merancang hasil penelitian dalam sebuah tulisan.

Setelah aku berikan saran ini, adikku bertanya dimana ia bisa mendapatkan materi penunjang penelitiannya, materi ini juga ingin dia gunakan sebagai data penunjang untuk landasan teori. Lalu aku menyarankan mengapa ia tidak mengunduh aplikasi tempat aku bekerja dan mencari materi dari sana.

Adikku mengikuti saran dari aku dan ternyata benar, disana layak dijadikan menjadi sumber informasi yang tepat. Jika kita mencari informasi di internet umum bisa saja, tapi kadang kita harus mensortir lagi apakah berita itu layak dijadikan acuan pembelajaran atau tidak. Tapi dengan Ruangguru ini semuanya terjamin. Karena materi disajikan dalam bentuk video.

Dalam video tersebut kadang terdapat tutor yang menjelaskan. Sistem belajar baru ini sangat membuat aku tertarik bahkan ingin mencoba malanjutkan berlangganan untuk kebutuhan aku yang lain. Misalnya jika nanti aku mengikuti tes SBMPTN disini juga terdapat semuanya dari segi materi, soal serta pembahasan untuk tes SBMPTN. Aku seperti menemukan harta karun untuk sekolahku, padahal kakaku bekerja disini tapi baru kali ini, aku menggunakannya.