Membangun Bisnis dari Daur Ulang Sampah

  • 2 min read
  • Apr 25, 2021
Membangun Bisnis dari Daur Ulang Sampah

Peluang bisnis kini bisa Anda dapatkan dari mana saja. Bahkan dari sampah plastik yang di daur ulang. Proses daur ulang sampah merupakan sebuah cara pemanfaatan barang bekas yang nantinya dapat kembali digunakan dan menjadi barang yang bermanfaat, memiliki nilai dan bisa diperjual belikan kembali.

Selain dapat dijadikan bisnis, dengan kegiatan daur ulang ini akan membantu pengurangan pencemaran lingkungan akibat sampah-sampah plastik yang dibuang sembarangan.

Banyaknya dampak yang ditimbulkan dari polusi sampah itu sendiri juga akan menimpa hewan-hewan yang berada di sekitarnya. Mereka bisa dengan tidak sengaja terjerat atau memakan sampah tersebut dan pada akhirnya menimbulkan kematian. Kesuburan tanah pun akan menurun karena plastik juga menghalangi sirkulasi udara di dalam tanah [1].

Lalu bisnis apa saja yang bisa Anda dapatkan dari hasil mendaur ulang sampah tersebut? [2].

  • Tempat pensil dari botol plastik

Siapa sangka bahwa dari sebuah sampah plastik dapat menghasilkan tempat pensil yang layak digunakan bahkan diperjual belikan. Hanya bermodalkan lem, gunting dan pernak-pernik,  Anda bisa menghias botol plastik bekas menjadi tempat pensil yang cantik.

  • Celengan dari botol plastik bekas

Ide daur ulang sampah plastik selanjutnya adalah membuat celengan. Anda hanya membutuhkan botol plastik bekas, cutter, piloks, dan lem.

Potong botol plastik bekas tersebut menjadi dua buah yang sama panjang, kemudian gabungkan kedua potongan tersebut menjadi satu bagian yang lebih kecil. Sayat bagian atas botol menggunakan cutter hingga menyerupai sebuah lubang untuk memasukkan uang.

Agar celengan tersebut terlihat lebih cantik, Anda dapat menghiasnya dengan piloks ataupun cat warna.

  • Pot tanaman

Pastinya Anda akan bertanya-tanya bagaimana sampah plastik dapat menjadi sebuah pot tanaman. Anda hanya memerlukan botol plastik bekas yang berukuran 1 liter. Kemudian potong bagian bawah dari botl tersebut dan tambahkan tali untuk menghasilkan pot tanaman yang dapat digantung.

Anda dapat menghiasnya dengan memberi warna pada pot tersebut. Jangan lupa untuk mengeringkan cat warna di bawah matahari. Ide daur ulang ini sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari ide bisnis.

  • Wadah aksesoris

Salah satu ide bisnis daur ulang ini yang paling banyak peminatnya, khususnya wanita.

Anda cukup menyiapkan beberapa botol plastik bekas, lalu bentuk botol yang berongga luas sesuai keinginan. Anda bisa menghiasnya dengan memberi warna berbeda-beda dari seluruh bagian botol yang telah dirapikan.

  • Tas belanja

Selain botol bekas Anda bisa juga menggunakan koran bekas untuk membuat tas belanja yang ramah lingkungan. Peluang bisnis ini sangat menguntungkan karena kini pemerintah memberikan peraturan pelarangan penggunaan plastik sebagai wadah belanja.

Bahan-bahan yang Anda butuhkan adalah koran bekas, gunting, lem, tali serta karton bekas. Potong dua lapis koran bekas hingga membentuk persegi. Lipat koran secara perlahan agar bagian bawah tertutup, berikan lem agar bagian tersebut tidak terbuka.

Tahap terakhir adalah dengan menambahkan karton di bagian dalamnya untuk memperkuat struktur tas, tambahkan tali untuk mempermudah Anda membawanya.

Setelah kita mengetahui bahwa dengan memanfaatkan sampah plastik kita bisa membuatnya menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Selain itu dengan kegiatan tersebut kita secara tidak langsung juga membantu mengurangi pencemaran lingkungan yang ditimbulkan akibat penumpukan sampah yang dibuang sembarangan.

Seperti AQUA yang berkolaborasi dengan Grab membangun aplikasi pengumpulan kemasan bekas yang bertujuan untuk memudahkan konsumen yang ingin mendaur ulang sampahnya [3].

Sumber:

  • bulelengkab.go.id
  • jagad.id
  • bijakberplastik.aqua.co.id