Jenis Pukulan pada Olahraga Pencak Silat yang Perlu Diketahui

  • 2 min read
  • Aug 27, 2021
Pencak Silat

Pencak silat adalah teknik bela diri yang cukup terkenal di Indonesia. Adapun jenis dari olahraga bela diri ini sendiri cukup banyak perkembangannya khususnya di berbagai wilayah Indonesia. Bahkan pencak silat sudah menjadi salah satu jenis olahraga yang diajarkan di sekolah di mana beberapa teknik dasar diajarkan untuk nantinya dikuasai oleh para siswa. Berbicara soal teknik dasar dalam pencak silat maka gerakan tersebut dibagi menjadi beberapa jenis yaitu teknik pukulan, ada juga teknik kuda-kuda, teknik tangkisan serta masih banyak lagi.

Jika Anda ingin mempelajari olahraga yang satu ini maka pengetahuan dasar yang harus dipelajari adalah teknik pukulan pencak silat itu sendiri. Mengapa? Karena setiap jenis pukulan memiliki gerakan serta tujuan yang berbeda. Salah satunya adalah pukulan bandul yang berfungsi untuk menghasilkan serangan yang memiliki dampak cukup masif besar.

Tidak ketinggalan juga pukulan lurus, pukulan melingkar hingga pukulan tegak.  Secara garis besar pencak silat ini masuk dalam kategori olahraga beladiri dengan gerakan yang terencana, terorganisir, terarah terkendali. Setiap gerakan yang dikeluarkan memiliki tujuan apakah untuk menyerang atau bertahan.

Jenis-jenis pukulan pencak silat

Seperti dijelaskan di awal artikel bahwa pencak silat tidak hanya mengandalkan gerakan tubuh saja akan tetapi perpaduan teknik pukulan yang baik dan benar juga harus diperhitungkan.  Adapun pukulan ini sebagai senjata untuk melakukan serangan dan memenangkan pertandingan. Hanya saja saat melakukan gerakan pukulan pencak silat posisi badan tidak lemas, tenang dan waspada.

Banyak sekali jenis pukulan yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan. Satu hal yang perlu diperhatikan bahwa kecepatan, ketepatan dan kelincahan adalah syarat utama untuk bisa melakukan pukulan yang benar dan baik. Semua gerakan tersebut harus benar benar dilakukan dengan tepat agar tidak mengalami cedera.

Beberapa jenis pukulan yang bisa digunakan dalam pencak silat seperti:

Pukulan lurus

Anda harus melakukan gerakan yang benar agar badan tidak mengalami cedera dan lawan bisa dikalahkan. Caranya adalah awali gerakan dengan kuda-kuda samping dan letakkan kaki kiri di depan. Posisikan kedua tangan berada tepat di depan dada dengan kepalan tangan yang nantinya akan digunakan untuk memukul. Pastikan juga kedua telapak kaki sejajar dan ubah kepalan Anda menjadi telungkup saat memukul dengan tangan kanan.

Hanya saja kesalahan yang muncul saat melakukan pukulan lurus bisa saja terjadi seperti sikap kaki kurang kuat atau badan yang terlalu kaku. Sikap badan yang tidak seimbang serta posisi kaki yang kurang terbuka adalah kesalahan yang membuat gerakan pukulan kurang kuat dan posisi tangan kurang mengepal.

Pukulan bandul

Pukulan bandul ini harus menggunakan gerakan yang benar agar tidak mengalami cedera. Teknik ini dilakukan dengan cara menggerakkan tangan secara mengayun dari bawah ke atas. Dan untuk melakukannya diawali dengan gerakan teknik kuda-kuda serta memposisikan kedua tangan menyilang didepan dada. Pastikan salah satu tangan tidak digunakan untuk memukul namun tetap berada di depan dada dan lakukan secara bergantian.

Tidak sedikit yang melakukan kesalahan untuk pukulan ini dikarenakan saat melakukan sikap kaki yang tidak kuat kemudian gerakan kuda-kuda kurang kuat. Kemudian, badan tidak seimbang serta letak kaki kurang terbuka dan posisi tangan kurang mengepal.

Demikianlah beberapa jenis pukulan yang sering digunakan pada olahraga bela diri yaitu Pencak Silat dimana Anda harus melatihnya sesering mungkin agar tingkat kemampuannya lebih maksimal.