Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang paling berbahaya dan juga mematikan yang bisa dialami oleh seseorang. Biasanya kanker tersebut bisa disembuhkan apabila mendapatkan penanganan yang tepat dan juga dideteksi semenjak dini. Sedangkan untuk kanker yang sulit dideteksi semenjak dini dan akan diketahui keberadaannya ketika sudah stadium berbahaya biasanya akan mempunyai harapan hidup yang lebih kecil. Penyakit kanker sendiri ada berbagai macam jenisnya yang bisa menyerang berbagai macam anggota badan dan organ. Adapun 6 jenis kanker yang paling mematikan yang bisa diderita oleh seseorang adalah:

  • Kanker paru-paru

Jenis kanker pertama yang paling berbahaya adalah kanker yang menyerang area paru-paru, trakea, dan bronkus. Penyakit kanker ini merupakan jenis kanker yang setidaknya menyebabkan kematian pada 30 ribu orang Indonesia pengidapnya pada tahun 2014 menurut data WHO. Kanker ini bisa diderita oleh wanita dan juga pria dan merupakan penyakit kanker yang mulanya ada di bagian paru dan kemudian menyebar ke seluruh tubuh. Kanker paru-paru ini umumnya diketahui disebabkan oleh kebiasaan merokok. Menurut data setidaknya 85 persen kasus kanker paru-paru terjadi karena kebiasaan merokok. Selain perokok aktif, perokok pasif juga dapat menyebabkan terkena penyakit yang satu ini hingga 30 persen.

  • Kanker payudara

Jenis kanker mematikan selanjutnya adalah kanker payudara yang umumnya dapat terjadi pada wanita setelah menopause. Kanker ini juga merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh gen atau penyakit bawaan. Sehingga akan lebih baik bagi yang mempunyai riwayat kanker payudara di dalam keluarga sebaiknya menjaga pola hidup yang lebih sehat untuk menghindarinya. Selain faktor gen, penyebab kanker payudara lainnya adalah karena obesitas, mengkonsumsi alkohol, mempunyai payudara yang padat, dan juga terkena paparan radiasi.

  • Kanker usus

Kanker usus merupakan penyakit kanker yang sangat berbahaya ketiga yang dapat diderita oleh masyarakat Indonesia. Kanker ini merupakan jenis yang dapat timbul seiring bertambahnya usia. Selain itu kanker ini juga dapat menyerang bagi mereka yang mempunyai kebiasaan hidup yang buruk seperti mengkonsumsi alkohol, merokok, dan juga mempunyai berat badan berlebihan.

  • Kanker hati

Kanker hati merupakan jenis kanker yang mempunyai resiko kematian yang lebih besar seseorang yang berusia sekitar 67 tahun. Dimana biasanya penyebab kanker hati adalah karena minum alkohol secara berlebihan, cacat lahir, terjadi infeksi kronis seperti misalnya hepatitis b, hepatitis c, dan juga sirosis. Kanker hati akan dapat disembuhkan apabila dapat dideteksi semenjak dini. Oleh karena itulah akan lebih baik Anda melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin untuk dapat mengetahui apakah ada tumor jinak yang dapat untuk mengganggu kesehatan sehingga akan lebih mudah ditangani.

  • Kanker serviks

Penyakit kanker serviks merupakan jenis yang paling sering didengar oleh wanita. Penyakit ini memang umumnya menyerang wanita yang disebabkan oleh virus human papillomavirus. Untuk mendeteksi dini penyakit kanker serviks, Anda dapat melakukan tes pap smear secara teratur untuk dapat menemukan perubahan sel lahir rahim sehingga dapat mengetahui kanker serviks sejak dini.

  • Kanker prostat

Dan jenis kanker terakhir adalah kanker prostat yang banyak diderita oleh pria setelah usia 50 tahun. Kanker ini umumnya ditemukan pada pria usia 65 tahun dan lebih banyak ditemukan pada orang kulit hitam dibandingkan dengan kulit putih, asia, dan juga hispanik. Penyakit kanker prostat ini bisa terjadi karena perubahan gen, terlalu banyak mengkonsumsi daging merah, dan juga produk susu tinggi lemak.