Hindari Kesalahan Dalam Memilih Pembersih Wajah

  • 4 min read
  • Dec 12, 2019
Hindari Kesalahan Dalam Memilih Pembersih Wajah

Lelah beraktifitas seharian? Jangan langsung tidur. Sisihkan sedikit waktu untuk melakukan pembersihan kulit wajah. Walau terkesan sepele, tetapi kebiasaan membersihkan wajah ini penting untuk dilakukan. Membersihkan wajah tidak hanya dengan mencuci muka saja. Namun, perlu dilakukan dengan lebih teliti menggunakan pembersih wajah yang sesuai.. Tujuannya adalah agar semua debu, kotoran dan sel kulit mati dapat terangkat tuntas sehingga kulit wajah menjadi bersih dan segar.

Coba bayangkan, apa jadinya jika kita malas membersihkan wajah menggunakan pembersih wajah. Akibatnya, kotoran dan sel kulit mati akan menumpuk dan menyebabkan kulit menjadi kusam dan bermasalah. Kotoran yang menyumbat pori kulit wajah juga akan mengakibatkan timbulnya jerawat, maupun peradangan pada kulit. Apalagi saat ini, kondisi lingkungan juga turut mengancam kesehatan kulit, terutama pada kulit wajah. Tingkat polusi, cuaca ekstrim, dan stress yang berkepanjangan juga dapat memicu permasalahan pada kulit wajah. Kotoran jadi mudah menumpuk dan mengakibatkan munculnya keluhan pada kulit wajah.

Kulit wajah yang jarang dibersihkan, selain tampak kusam akan tampak seperti memiliki pori-pori yang besar. Pori-pori yang membesar ini akan membuat tekstur wajah menjadi tidak halus. Tentunya akan mempengaruhi penampilan. Untuk mengatasi hal ini, penggunaan pembersih wajah yang memiliki daya bersih hingga ke tingkat pori sangat membantu. Dengan melakukannya secara rutin, kulit wajah akan menjadi bersih, segar, dan tampak halus.

Namun, perlu diketahui bahwa memilih pembersih wajah tidak boleh sembarangan. Sebab, perbedaan kondisi kulit wajah memengaruhi jenis pembersih wajah yang diperlukan. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengenali jenis kulit dan permasalahan yang dialami oleh kulit wajah. Dengan demikian kita dapat menentukan jenis produk pembersih wajah yang akan dipakai.

Hindari Kesalahan Dalam Memilih Pembersih Wajah

Karena kondisi kulit tiap orang berbeda, maka produsen kosmetik menciptakan produk pembersih wajah yang beragam jenisnya. Ada yang diformulasikan khusus untuk jenis kulit berminyak, kombinasi atau kering. Pembersih wajah khusus untuk kulit bermasalah seperti kulit dengan sensitivitas tinggi, kulit berjerawat, atau kulit dengan pigmen yang tidak merata juga bisa menjadi pilihan jika kita mengalami keluhan kulit wajah tersebut. Mengenali jenis pembersih wajah yang tepat untuk kondisi kulit kita akan membuat perwatan kecantikan menjadi sempurna.

Ada jenis pembersih wajah yang berbentuk facial gel, facial foam, cleansing milk, cleansing oil, maupun cleansing wipes. Masing-masing memiliki kegunaan yang berbeda. Pemilihan pembersih wajah yang kurang tepat juga dapat memicu timbulnya masalah kulit baru. Iritasi dapat terjadi jika penggunaan produk yang salah tetap diteruskan. Untuk menghindari hal itu, ada baiknya mengenali jenis produk pembersih wajah mana yang paling cocok untuk kulit kita.

Jika kulit kita tergolong jenis kulit berminyak atau kulit kombinasi, maka pembersih wajah yang diperlukan adalah jenis yang mampu membersihkan hingga ke tingkat pori. Selain itu juga sebaiknya menggunakan pembersih wajah yang memiliki fungsi eksfoliasi dan antisptik untuk mengatasi bakteri penyebab jerawat. ada juga produk pembersih wajah yang dilengkapi formula khusus penyeimbang kadar minyak pada wajah.

Clay cleanser adalah jenis pembersih wajah yang dikombinasikan dengan clay (tanah liat). Biasanya, jenis pembersih ini berbentuk facial foam, cleansing gel, atau cleansing bar. Penambahan clay ini memiliki fungsi untuk menyerap minyak berlebih pada kulit wajah, sehingga cocok untuk kulit wajah berminyak atau kombinasi.

Jika kulit wajah memiliki masalah dengan jerawat, jenis pembersih wajah yang memiliki formula anti bakteri adalah pilihan tepat. Biasanya berbentuk gel dan dilengkapi dengan formula antiseptik untuk mengatasi bakteri penyebab jerawat. pembersih yang dilengkapi dengan tea tree oil adalah produk yang populer untuk mengatasi jerawat.

Minyak pohon teh (tea tree oil) adalah minyak atsiri essensial yang berasal dari tanaman Mellaleuca Alternifolia. Minyak esensial ini memiliki fungsi mengempiskan jerawat tanpa efek samping. Tea tree oil ini mampu membuka pori yang tersumbat dan membersihkan minyak berlebih yang merupakan penyebab timbulnya jerawat. jadi, pembersih wajah yang dilengkapi dengan tea tree oil ini bisa jadi pilihan untuk kulit berminyak dan kombinasi yang memiliki gangguan jerawat.

Ada juga jenis exfoliating cleanser. Pembersih wajah jenis ini memiliki formula yang dapat mengeksfoliasi (mengelupas) kulit mati pada wajah. Menumpuknya sel kulit mati, kotoran, debu, dan sisa make up akan membuat kulit wajah menjadi kusam. Dalam kondisi ini perlu menggunakan pembersih yang mampu mengelupas lapisan kotoran itu agar wajah tampak lebih bersih dan cerah. Pembersih jenis ini ditujukan untuk jenis kulit berminyak dan kombinasi. Sebaiknya, produk ini tidak digunakan setiap hari karena eksfoliasi setidaknya dilakukan dua kali saja dalam seminggu.

Lalu bagaimana dengan kulit yang cenderung kering? Jenis kulit kering memerlukan permbersih wajah dengan formula yang berbeda. Kesalahan dalam memilih pembersih wajah akan mengakibatkan kulit menjadi semakin kering, bersisik dan bahkan iritasi. Pada saat kita membersihkan wajah, sejumlah minyak alami kulit akan ikut terangkat. Jika kita menggunakan produk pembersih yang tidak dilengkapi dengan pelembap, kulit wajah menjadi kering dan kasar.

Beberapa jenis produk pembersih wajah yang disarankan untuk kulit kering adalah milk cleanser, cleansing oil, cleansing cream, dan micellar water. Produk-produk jenis ini dilengkapi dengan formula yang menjaga agar kulit wajah menjadi bersih tanpa menghilangkan kelembapan alami wajah. Seperti pada cleansing milk misalnya, produk jenis ini mengangkat kotoran di wajah dengan lembut sekaligus memberikan kelembapan pada kulit. Sebaiknya, lanjutkan dengan pengaplikasian toner yang berfungsi selain untuk memaksimalkan pengangkatan kotoran juga dapat mengurangi rasa berminyak setelah penggunaan cleansing milk. Toner juga memiliki fungsi menenangkan, menghaluskan, dan mempersiapkan kulit sebelum dilakukan perawatan wajah selanjutnya.

Ada juga jenis produk pembersih wajah berbentuk cleansing wipes. Tisu pembersih wajah ini praktis digunakan saat perjalanan atau saat merasa terlalu malas untuk melakukan ritual pembersihan wajah biasanya. Dalam memilih cleansing wipes ini, kita juga harus tetap memperhatikan kandungannya. Ada jenis cleansing wipes yang dikhususkan untuk kulit berminyak dan kombinasi. Ada juga yang diformulasikan untuk kulit yang kering.

Cleansing wipes juga tersedia dalam berbagai ukuran. Jika berencana untuk dibawa dalam perjalanan, ukuran yang lebih kecil dan travel friendly akan menjadi pilihan pembersih wajah  yang tepat. Kemasannya yang kompak dan praktis dibawa ke mana saja membuat ritual membersihkan wajah tetap dapat dilakukan walaupun saat jauh dari rumah. Usapkan dengan lembut pada wajah untuk mengangkat kotoran. Hindari menggosokkan dengan kasar agar tidak mengiritasi kulit wajah.

Sebaiknya bersihkan wajah dari make up terlebih dahulu sebelum mencuci muka. Sebab, make up tidak dapat bersih sempurna hanya dengan mencuci muka. Namun, perlu diperhatikan juga frekuensi pembersihan wajah. Jika setiap saat membersihkan wajah menggunakan produk pembersih wajah, akan mengakibatkan berkurangnya minyak alami pada kulit wajah. Hal ini juga dapat mengakibatkan iritasi. Jadi, lakukan setidaknya dua kali dalam sehari, yaitu pagi hari saat bangun tidur dan malam hari sebelum tidur.