Elemen-elemen Penggerak Tubuh Manusia

  • 2 min read
  • Apr 05, 2021
Penggerak Tubuh Manusia

Tahukah kamu tentang elemen apa saja yang dapat menggerakkan tubuh manusia? Yuk kita simak ulasannya dengan seksama agar kita bisa menambah wawasan kita. Berikut elemen-elemen penggerak tubuh kita yang terdiri dari 3 elemen yaitu, otot, tulang, dan sendi. Mungkin diantara kita banyak yang menyamakan bahwa otot itu adalah sendi. Tapi sebenarnya keduanya sangat berbeda, di bawah ini penjelasan secara lengkapnya terkait elemen-elemen gerak tubuh kita.

  1. Tulang

Tulang adalah salah satu organ utama dalam sistem gerak tubuh kita dan termasuk ke dalam sistem rangka. Pada tubuh manusia memiliki sekitar 206 tulang. Dan semuanya memiliki struktur lapisan dalam yang lunak serta lapisan luar yang lebih keras, selain itu tulang juga berfungsi sebagai alat gerak, tulang juga sangat penting untuk:

  • Melindungi organ vital yang ada di dalam tubuh manusia
  • Sebagai pondasi tubuh, agar tetap seimbang
  • Sebagai tempat untuk memproduksi sel darah dan sebagai tempat untuk menyimpan kalsium, untuk itu pertumbuhan manusia sangat erat kaitannya dengan struktur tulang
  1. Sendi

Elmen penggerak tubuh selanjutnya adalah sendi, sendi merupakan pertemuan antara dua tulang, contohnya sendi rahang mempertemukan tulang rahang bawah dan tulang rahang atas. Di dalam sistem gerak tubuh manusia, sendi memiliki fungsi seperti engsel sehingga memungkinkan pergerakan antara dua tulang berjalan dengan lancar.

  1. Otot

Meski otot itu memiliki tiga jenis dalam tubuh, tapi hanya ada dua saja yang termasuk ke dalam sistem gerak tubuh manusia, diantaranya adalah:

  • Otot Skeletal; otot ini terdiri dari serat-serat elastic dan dapat memungkinkan tubuh untuk bergerak bebas dan fleksibel. Otot ini terletak pada sekitar sendi dan tulang. Otot ini memiliki peran terhadap otak sangat penting yakni untuk menentukan arah gerak otot ini sehingga pergerakannya dilakukan sesuai keinginan. Contoh dari otot skeletal yang ada di dalam tubuh manusia adalah otot skeletal adalah otot paha, otot betis, otot perut, dan otot lengan.
  • Otot Halus, otot halus adalah otot yang bergerak secara otomatis atau tanpa adanya keinginan. Akan tetapi tetap saja pergerakannya selalu diperintahkan atau di komandoi oleh otak dengan memperhatikan kebutuhan yang sesuai dengan tubuh, akan tetapi bukan keinginan. Contoh dari otot halus yang ada di tubuh manusia adalah otot yang terletak pada nadi dan pencernaan.

Cara Memelihara Sistem Gerak dengan Benar

Menjaga agar sistem gerak tubuh kita tetap berjalan dengan lancar bisa dilakukan dengan hal-hal yang sederhana, yang tanpa kita sadari kita juga telah melakukannya. Akan tetapi kita harus menjaganya lebih optimal lagi agar nantinya sistem gerak tubuh akan selalu bekerja secara baik. Berikut cara yang bisa kamu lakukan dalam menjaga sistem gerak tubuh.

  1. Meningkatkan kandungan kalsium dalam asupan makan; makanan yang kita konsumsi alangkah baiknya makanan yang memiliki kaya akan nutrisi dan vitamin, terutama kalsium yang mampu meningkatkan dan menjaga sistem gerak tubuh, makanan yang mengandung kalsium antara lain adalah, susu, kangkung, kedelai, olahraga, kacang Almond, ikan salmon, dan juga brokoli, kamu juga bisa sambil mengonsumsi anlene guna meningkatkan sistem gerak tubuh terutama bagi mereka yang memiliki usia lanjut.
  2. Berjemur pada sinar matahari di pagi hari adalah salah satu cara yang paling sederhana yang bisa kita lakukan, karena berjemur di pagi hari dapat membantu pembentukan vitamin D yang juga sangat penting dalam membantu penyerapan kalsium dalam makanan. Umumnya berjemur bisa dilakukan dari mulai pukul 7 pagi sampai 10 pagi. Karena di waktu itu sinar matahari masih belum terik sinarnya.

Jagalah kesehatan sistem gerak tubuh kita dengan meminum anlene setiap hari, agar dapat membantu memperbaiki dan menjaga sistem gerak tubuh kita di masa sekarang hingga mendatang, kalau bukan kita yang merawat diri kita sendiri terus siapa lagi.