SEO atawa Search Engine secara umumnya memiliki faktor dan teknik yang hampir cukup sama. Namun, ketika melakukan SEO untuk sebuah website SMB atau startup, ada beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan lebih untuk mendapatkan hasil yang Anda inginkan.
Jam Kerja Anda
Pertanyaan pertama yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri ketika mulai menerapkan SEO di situs web Anda adalah berapa lama Anda berencana untuk berkecimpung dalam bisnis ini?
Ini adalah pertanyaan penting karena perlu diingat bahwa upaya SEO membutuhkan waktu dan cenderung memiliki hasil yang lama. Diperlukan waktu satu hingga dua tahun agar konten terlihat di mesin telusur.
Branding
Di dunia internet, hasil branding bisa dibaca dari traffic langsung yang didapat. Di Indonesia misalnya, semakin banyak orang mengunjungi domain Seodigital.co.id secara langsung ketika ingin membeli tiket pesawat. Demikianlah apa yang dimaksud dengan direct traffic.
Mengenakan Marketing Konten
Untuk membantu Anda menandai, konten terbaik di industri Anda harus didasarkan pada pengalaman dan anggaran Anda.
Perlu dicatat bahwa konten berkualitas baik adalah salah satu cara untuk mendapatkan perhatian Google. Konsep Google membantu Anda mendapatkan peringkat tinggi di halaman hasil pencarian. Tetapi Anda perlu membuat konten yang bagus untuk audiens Google. Jika Anda ingin tahu cara membuat konten yang bagus, Anda dapat membaca artikel kami yang menjelaskan cara membuat konten berkualitas.
Anda juga disarankan untuk membuat konten yang panjang (setidaknya 1.890 kata dalam sebuah artikel). Jika Anda memposting konten ekstensif di situs web Anda, pengunjung situs web akan tinggal di situs Anda lebih lama.
Jumlah waktu yang Anda habiskan di situs web Anda memengaruhi peringkat situs web Anda di halaman hasil pencarian. Jika pengunjung situs web tetap berada di situs web Anda untuk waktu yang lama, peringkat situs web Anda di mesin pencari dapat meningkat.
Untuk memudahkan pembaca situs web Anda menemukan apa yang mereka butuhkan atau cari dalam artikel panjang Anda, Anda dapat menambahkan daftar isi di awal setiap artikel. Ini pasti akan membantu para pembaca.
Hal lain yang dapat memengaruhi SEO adalah halaman yang dapat ditindaklanjuti. Memiliki halaman di situs web Anda tempat seseorang dapat mengeklik tautan, misalnya untuk mengunduh konten eksklusif dari situs web Anda, dapat memengaruhi peringkat Anda di mesin telusur.
Menemukan Kata Kunci atau Keyword yang Tepat buat Bisnis Anda
Anda perlu memahami kata kunci apa yang digunakan orang untuk menemukan barang atau Jasa SEO yang Anda jual. Misalnya, menjual kaus sepak bola. Anda dapat menggunakan Google Keyword Planner untuk melihat kata kunci mana yang terkait dengan kaus sepak bola yang sering digunakan.
Anda dapat mengunduh hasil Google Keyword Planner. Anda dapat mengurutkan di Excel untuk melihat kata kunci mana yang sering digunakan dan mana yang harus Anda gunakan untuk situs web bisnis Anda.
Kemudian masukkan kata kunci ini di beranda, kategori produk, detail produk, nama produk, nama file gambar, judul, deskripsi meta, URL, teks jangkar untuk tautan internal atau beri nama kategori blog Anda.
Jangan lupa untuk menggunakan sinonim untuk kata kunci ini di konten Anda atau bahkan di halaman produk Anda, serta kata kunci yang berhubungan dengan kata kunci target Anda (sering disebut kata kunci LSI).
Ikuti langkah-langkah berikut untuk meningkatkan kata kunci Anda:
Mulai Riset Kata Kunci
Saat melakukan riset kata kunci, Anda disarankan untuk memulai dengan kata kunci niat beli. Semisal, Anda seorang Seller kamera. Tentu saja, kata kunci untuk niat beli adalah kamera, kamera digital, kamera DSLR, dll.
Anda bisa mulai dari situ lalu menggunakan kata kunci, kata kunci yang lebih spesifik seperti jual kamera digital, jual kamera mirrorless, jual kamera Nikon D700, dll.
Baca di sini Seodigital.co.id untuk tambahan informasi tentang Jasa Backlink. Panduan berikut akan mengajarkan Anda bagaimana membangun backlink.
Mencari Informasi Tentang Kata Kunci yang Digunakan Oleh Kompetisi
Untuk mencari informasi tentang kata kunci yang digunakan oleh kompetisi, Anda dapat menggunakan alat seperti Seodigital atau Malukuonline. Menggunakan kata kunci yang digunakan pesaing Anda dapat membantu Anda meningkatkan visibilitas di pasar target Anda.
Cari Tahu Topik Apa yang Dicari Pembeli Target Anda
Untuk melihat ini, Anda dapat menggunakan alat seperti Seodigital.co.id. Tentu saja, membuat konten yang sesuai dengan kata kunci atau topik yang Anda cari meningkatkan peluang menemukan situs web Anda di hasil pencarian untuk kata kunci atau topik tertentu.
Gunakan Kata Kunci Ekor Panjang dengan Volume Pencarian Tinggi tetapi Sedikit Persaingan (Pencarian Volume Tinggi, Persaingan Rendah)
untuk menemukan kata kunci yang tidak mudah. Cara mudah untuk mendapatkan lalu lintas adalah dengan menggunakan kata kunci yang memiliki volume pencarian tinggi tetapi sedikit persaingan.
Juga, Anda yang sudah memiliki banyak konten di situs Anda harus hebat. Mungkin Anda bisa menggantinya dengan kata kunci yang memiliki volume pencarian tinggi tetapi persaingannya sedikit.
Untuk mencari kata kunci, Anda dapat menggunakan alat Seodigital untuk memudahkan proses pencarian kata kunci Anda. Berdasarkan kata kunci yang Anda temukan dalam hasil penelitian, Anda disarankan untuk membuat banyak artikel untuk membuat kata kunci berekor panjang Anda.