Cara Cek Pajak Kendaraan Melalui SMS

  • 1 min read
  • Jul 15, 2021
Cara Cek Pajak Kendaraan Melalui SMS

Membayar pajak merupakan kewajiban untuk setiap pemilik kendaraan bermotor yang ada di Indonesia untuk selalu teoat membayar pajak kendaraan bermotor atau PKB untuk setiap tahunnya. Pada besaran pajak kendaraan juga telah dikenakan sesuai dengan jenis kendaraan dan juga kapasitas mesin kendaraan.

Dengan adanya kewajiban tersebut tercantum dalam Undang-Undang atau UU Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2009 yang selanjutnya diperjelas pada Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2015 yakni tentang sebuah perubahan Peraturan Daerah yang ditetapkan pada Nomor 8 Tahun 2010 yakni terkait Pajak Kendaraan Bermotor.

Hal ini juga melansir dari NTMC Polri yakni pada selasa (15/7/2021), untuk besaran pajak sekarang dapat dilihat dengan mengecek registrasi secara online. Bukan hanya lewat website resmi, namun juga ada beberapa daerah juga yang sudah menyediakan aplikasi cara cek pajak kendaraan online yang dapat diunduh di ponsel pintar atau smartphone kamu.

Untuk bisa cek pajak mobil yang perlu dibayar, pemilik kendaraan juga hanya bcukup memasukan nomor polisi atau nopol yang terdiri dari dua bagian, yakni pada bagian empat digit nomor dan huruf.

Akan tetapi untuk prosedur cek pajak kendaraan, pada beberapa daerah mengharuskan pemilik kendaraan juga menginput nomor NIK pemilik asli kendaraan tersebut, kemudian nomor rangka, jenis plat dan juga kode captcha. Akan tetapi untuk sebagian daerah lainnya, cara cek pajak kendaraan online juga cukup dengan memasukan nomor polisi saja.

Cek Pajak Kendaraan Melalui SMS

Sebagai alternatif lain untuk bisa mengetahui tentang masa berlaku dan juga biaya pajak kendaraan yakni dengan mengirim sebuah SMS ke 8893. Untuk format SMS yang perlu kamu ketik adalah yakni untuk mengetikkan (info(spasi)ranmor(spasi)nomor kendaraan) tanpa menggunakan spasi supaya format tersebut bisa terdeteksi oleh layanan cek pajak kendaraan melalui SMS kemudian selanjutnya kamu bisa kirim ke 8893. Nah sangat mudah sekali bukan cara untuk melakukan cek pajak kendaraan melalui SMS ini? Jadi bayar pajak kendaraan lebih praktis dan mudah melalui cara ini.