Untuk melakukan pengecekan pulsa, Kamu bisa melakukan beberapa macam cara sesuai kebutuhan seperti: dan kamu juga bisa lihat tentang paket roaming xl terbaru 2020.

Menggunakan aplikasi dari operator layanan seluler:

Dari masing-masing operator menyediakan masing-masing operasi tersendiri agar para penggunanya bisa mengecek pulsa masing-masing. Adapun jenis-jenis aplikasinya adalah sebagai berikut:

  • Aplikasi cek pulsa Telkomsel adalah MyTelkomsel
  • Aplikasi cek pulsa Xl adalah MyXl
  • Aplikasi cek pulsa Tri (3) Bima+
  • Aplikasi cek pulsa Indosat Ooredoo adalah myIm3
  • Aplikasi cek pulsa Smartfren adalah MySmarfren
  • Aplikasi cek pulsa Axis adalah AXISnet

Menggunakan SMS Gateway:

Mengecek pulsa melalui sms

  • Cek pulsa Telkomsel via SMS: *888#
  • Cek pulsa XL via SMS: *363#
  • Cek pulsa Tri (3) via SMS: *111#
  • Cek pulsa Indosat Ooredoo via SMS: *123#
  • Cek pulsa Smartfren via SMS: *999#
  • Cek pulsa Axis via SMS: *888#

Apa Perbedaan Masa Tenggang dan Masa Aktif? 

Dengan menganut sistem prabayar, jaringan seluler pada kartu SIM Kamu memiliki masa aktif yang terbatas. Durasi dari masa aktif tersebut tentu beragam, tergantung dari kebijakan operator seluler yang Kamu gunakan. Masa aktif pada kartu SIM akan senantiasa diperpanjang saat Kamu rutin melakukan pengisian ulang pulsa. Namun, saat Kamu tidak mengisi pulsa dalam waktu yang cukup lama, kartu SIM Kamu akan memasuki masa tenggang.

Saat kartu SIM berada pada masa tenggang, Kamu tidak dapat melakukan aktivitas seperti mengirim SMS dan melakukan panggilan. Namun, Kamu tetap bisa mendapat pesan singkat yang masuk atau menerima panggilan dari luar.

Pada umumnya, durasi masa tenggang yang diberikan oleh operator seluler tidak lebih dari 30 hari. Jika dalam masa tersebut Kamu sama sekali tidak melakukan pengisian pulsa, maka kartu SIM Kamu akan menjadi tidak aktif dan harus membeli yang baru. Jadi, jika Kamu tidak ingin hal ini terjadi, rutinlah untuk melakukan pengisian ulang pulsa.

Tips Agar Pulsa Tetap Awet 

Nah di sini Sistem prabayar pada jaringan seluler memang mempunyai keunggulan dan kekurangan. Sistem prabayar dapat membuat jumlah pengeluaran Kamu untuk pulsa dapat terkontrol. Namun, jika pulsa tidak mencukupi, Kamu menjadi tidak dapat melakukan panggilan atau SMS.

Kebanyakan orang bagi pengguna layanan operator mungkin sering sekali mengalami masalah kehabisan pulsa. Padahal, aktivitas komunikasi telah disiasati sedemikian rupa agar tidak terbuang percuma. Jika Kamu mengalami hal tersebut, mungkin ada aktivitas yang membuat pulsa Kamu seringkali ‘bocor’.

  • Batasi Penggunaan Internet:

Salah satu yang sering membuat pulsa cepat habis adalah penggunaan internet. Saat menggunakan HP untuk menelusuri dunia maya, pulsa yang Kamu miliki akan menjadi cepat terkuras. Hal ini sering terjadi saat Kamu tidak menyadari bahwa paket data internet Kamu telah habis. Jadi, kartu SIM Kamu akan otomatis beralih menggunakan tarif pulsa saat Kamu asik bermain internet.

  • Isi Sekaligus Banyak:

Menghemat pengeluaran pulsa juga dapat Kamu lakukan dengan cara melakukan pengisian pulsa dengan nominal yang cukup besar. Terdengar aneh, namun pengisian pulsa dengan nominal besar terbukti dapat mengurangi pengeluaran Kamu. Dengan mengisi pulsa dengan jumlah yang cukup besar, Kamu menjadi lebih jarang melakukan pengisian ulang pulsa. Alhasil, biaya ‘administrasi’ pada counter atau toko HP saat membeli pulsa juga semakin jarang Kamu bayarkan.

  • Manfaatkan Layanan Wi-Fi Gratis:

Cara terakhir untuk menghemat pengeluaran pada pulsa adalah dengan memanfaatkan layanan Wi-FI gratis. Di zaman yang modern seperti saat ini, mendapatkan layanan Wi-Fi gratis tentu tidaklah sulit. Jadi, jika Kamu memerlukan jaringan internet, gunakan saja layanan Wi-Fi yang ada di tempat publik ketimbang membeli paket data internet.