Penyebab BAB Berwarna Hijau dari SehatQ

  • 2 min read
  • Jul 06, 2021
BAB Berwarna Hijau

Feses atau bab berwarna hijau juga seringkali dianggap tidak normal. Benar, Karena pada sebagian kasus, di kondisi ini juga bisa menandakan penyakit misalnya seperti infeksi bakteri dan juga gangguan pencernaan. Akan tetapi umumnya, feses berwarna hijau juga tidaklah berbahaya, karena misalnya pola makan yang banyak mengonsumsi sayuran juga bisa jadi salah satu penyebabnya.

Jika kamu khawatir bahwa feses atau tinja yang keluar telah menandakan ganggguan kesehatan, maka kamu dapat memperhatikan gejala lain yang mungkin muncul. Kamu juga jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan benar.

Penyebab-penyebab dari feses berwarna hijau

Untuk feses yang normal biasanya berwarna coklat muda sampai coklat tua. Karena zat yang keluar sebagai tinja ini merupakan produk sisa dari berbagai pencernaan yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga ada banyak hal yang bisa memengaruhi warna feses yang keluar dari tubuh, dan termasuk makanan yang dikonsumsi sampai penyakit yang diderita.

Dalam kondisi feses berwarna hijau, terdapat hal iniĀ  yang bisa terjadi karena pola makan ataupun sebagai efek samping dari konsumsi obat-obatan tertentu. Walaupun begitu, tapi tidak menutup kemungkinan pada kondisi ini menandakan adanya gangguan yang sedang terjadipads tubuh kamu.

Berikut dibawah ini ada beberapa kondisi yang bisa memicu tinja yang akan keluar berwarna kehijuan.

1. Makanan-makanan hijau

Jika kamu rutin mengonsumsi sayuran hijau misalnya seperti bayam, kale, brokoli, ataupun juga bok choy dalam jumlah besar, sehingga dapat memicu keluarnya tinja berwarna hijau. Pada hal ini juga disebabkan karena sayuran tersebut mengandung klorofil, yakni zat warna hijau pada tumbuhan.

Dengan mengonsumsi asupan yang mengandung pewarna makanan hijau misalnya seperti es krim dan kue, yang juga dapat menyebabkan tinja yang keluar masih berawarna hijau.

2. Makanan-makanan berwana biru atau ungu

Jika kamu suka mengonsumsi makanan berwarna biru atau ungu yang terkadang juga bisa memicu keluarnya feses berwarna hijau. Karena ada beberapa contoh makanan tersebut diantaranya adalah makan buah blueberry, makan buah anggur, dan juga minuman anggur merah.

Dengan makanan-makanan dan minuman yang mengandung pewarna biru ataupun ungu juga bisa mengakibatkan keluarnya tinja yang akan berwarna hijau kebiruan.

3. Meminum kopi atau makanan pedas

Siapa sangka kopi dan makanan pedas juga bisa mempercepat terjadinya proses pencernaan. Sehingga akibatnya, tinja yang belum diproses dengan sempurna dan masih berwarna hijau, sudah terlebih dulu keluar. Umumnya, tinja yang berwarna hijau juga belum akan keluar dan masih akan diolah sampai hasil akhirnya akan juga berwarna kecoklatan.

4. Mengonsumsi Vitamin, suplemen, ataupun antibiotik

Jika kamu mengonsumsi suplemen zat besi secara rutin ini juga bisa mengubah warna tinja menjadi hijau gelap ataupun bahkan hitam.

Sedangkan, jika kamu konsumsi antibiotik dapat membuat warna tinja menjadi hijau, sebab obat ini juga dapat mengubah keseimbangan bakteri yang ada di saluran pencernaan.

5. Kamu Sedang menjalani diet tertentu

Jika kamu lagi diet tinggi lemak, misalnya seperti diet keto, yang juga bisa membuat warna feses akan berubah menjadi hijau terang. Pada pola makan vegetarian, yang juga akan membuat seseorang mengonsumsi sayuran hijau dalam jumlah banyak yang juga dapat menyebabkan feses yang akan keluar berwarna hijau.

Jika kamu masih ragu dengan hasilnya maka kamu juga bisa berkonsultasi ke dokter atau di direktori dokter lainnya sebagai acuan.