Pipa PVC untuk kebutuhan saluran pembungan air limbah merupakan pipa yang dipasang untuk mengalirkan air limbah biologis ke pengeloahan. Pipa jenis ini sering digunakan dalam instalasi pengelolaan air kotor. Pipa PVC limbah ini terbuat dari thermoplastik yang tidak mudah rusak (tidak mudah bocor) sehingga awet penggunaanya, karena memang jika mudah rusak akan lebih beresiko mencemari lingkungan karena memang fungsinya mengalirkan limbah.

Dan untuk ketahanan pipa PVC Limbah ini terbuat dengan kelebihan anti karat karena memang terbuat dari bahan thermoplastik yang berbeda dengan bahan besi yang mudah berkarat dan memiliki bagian permukaan dalam yang halus sehingga tidak menyebabkan adanya sumbatan limbah karena limbah yang dialiri merupakan limbah jenis cair bercampur dengan limbah padat.

Karena limbah biasanya banyak membawa bahan kimia, pipa pvc limbah tahan bahan kimia yang dimana artinya pipa ini tidak terpengaruh kualitasnya dari aliran limbah yang dibawanya. Pipa Jenis ini tidak didesain untuk mengaliri limbah bertekanan besar karena pada umumnya aliran limbah yang digunakan memanfaatkan dorongan gravitasi atau mengalirkan air limbah begitu saja.

Cara instalasi atau pemasangannnya sendiri dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu bisa menggunakan sistem penyambungan RRJ (Rubber Ring Join), penyambungan menggunakan lem pipa. Penggunaan cara penyambungannya sendiri tergantung pada ukuran dan merk pipa PVC tertentu. Biasanya penggunaan penyambungan RRJ cocok digunakan untuk pipa dengan diameter besar dan penggunaan lem untuk pipa yang diameter relative lebih kecil.

Harga pipanya sendiri pun beragam tergantung pada merk dan juga ukurang diameter dan tebali dinding. Biasanya pipa yang sering digunakan untuk aliran limbah ini adalah PIPA PVC SDR-41 yang memiliki dinding tipis, ringan dan menggunakan sistem sambungan RRJ yang dimana tidak memerlukan lem dan mesin pemasangan. Untuk penjualannya sendiri dijual dengan harga berdasarkan per meter atau per batangnya.

Itulah informasi tentang pipa pvc air limbah, sebenarnya PIPA PVC limbah ini sama halnya dengan pipa PVC pada umumnya namun dibedakan khusus untuk mengalirkan air limbah yang dimana berbeda dengan aliran air bersih.