Apa Itu Layanan Rapid Test? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

  • 2 min read
  • Sep 23, 2020
Rapid Test

Di tengah kondisi pandemi COVID-19 seperti saat ini, hampir seluruh masyarakat pasti sudah paham dan mengerti tentang istilah-istilah yang ada kaitannya dengan virus corona. Salah satunya yakni layanan rapid test. Seluruh lapisan masyarakat mungkin sudah tidak asing dengan kalimat ini. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa mereka yang sering mendengar kata rapid test belum tentu paham dan mengerti dengan pasti sebenarnya apa makna dan maksud dari layanan tersebut terkait dengan virus corona?

Masyarakat dunia tidak terkecuali Indonesia memang sedang menghadapi masalah yang sangat besar. Ada banyak sekali dampak yang ditimbulkan akibat adanya virus tersebut. Seperti misalnya adalah perekonomian macet, bisnis hancur sampai dengan yang paling fatal adalah kesehatan manusia yang amat sangat terancam apabila sudah terinfeksi oleh virus corona. Berkali-kali pihak pemerintah Indonesia lewat petugas percepatan penanganan kasus corona di Indonesia memberikan penjelasan kepada masyarakat bahwa jangan pernah menganggap sepele virus satu ini karena akibat dan dampaknya yang sangat luar biasa sekali bagi kesehatan manusia termasuk berbagai macam segi kehidupan masyarakat.

Kembali ke topik awal mengenai apa sebenarnya rapid test itu? Jadi layanan ini merupakan salah satu bentuk layanan kesehatan yang menggunakan metode skrining dengan tujuan supaya bisa dengan mudah mendeteksi apakah tubuh seseorang terinfeksi virus corona atau tidak. Lalu bagaimana cara kerja rapid test tersebut sehingga bisa mendeteksi tubuh seseorang? Berikut ini adalah penjelasannya:

  • Secara umum rapid test memang diprioritaskan kepada ODP atau orang dalam pantauan. Dan ODP ini adalah orang-orang yang memiliki gejala tertular atau terinfeksi virus corona seperti demam yang disertai dengan pilek, tenggorokan sakit serta memang sebelumnya memiliki riwayat kontak langsung dengan pasien yang sudah positif corona. Dan biasanya orang yang akan mendapatkan rapid test akan diambil sampel darahnya pada ujung jari mereka.
  • Setelah proses pengambilan sampel darah selesai, langkah selanjutnya adalah darah akan diteteskan pada alat rapid test tersebut dan biasanya terlebih dahulu akan ditetesi oleh serum. Dan setelah itu antibodi yang ada di dalam tubuh akan memberikan reaksi apakah tubuh sudah terkontaminasi oleh virus corona. Dan untuk hasil testnya biasanya akan terbagi dalam tiga kategori.

Untuk hasil rapid test yang terbagi dalam 3 kategori seperti yang sudah disebutkan di atas adalah sebagai berikut, apabila test yang sudah masuk muncul garis maka bisa diartikan bahwa alat tes tersebut reaktif terhadap virus corona. Dan bila sudah terdapat garis yang ada pada dua kolom yakni kolom kontrol dan kolom antibodi yang terdapat di dalam rapid test maka langkah selanjutnya pasien akan direkomendasikan untuk melakukan konsultasi kesehatan untuk melakukan swab test guna pemeriksaan lebih lanjut. Selanjutnya bila rapid test hanya menunjukkan satu garis saja pada alat rapid test tersebut yakni pada salah satu kolom maka bisa diartikan pasien nonreaktif virus corona.

Namun satu hal yang perlu dan sangat penting untuk menjadi perhatian adalah, jangan langsung percaya bila hasil rapid test menunjukkan reaktif. Karena bisa jadi di dalam tubuh terdapat virus lain yang mungkin bereaksi saat dilakukan tes tersebut. Jadi tidak perlu panik dan lakukan isolasi mandiri di rumah bila sudah menjalani rapid test. Bila saat ini Anda berencana untuk mencari tempat yang aman dan terpercaya untuk mendapatkan layanan rapid test terdekat, Aido adalah pusat layanan kesehatan terbaik yang bisa Anda pilih. Hasilnya terpercaya dan bisa dipertanggungjawabkan.