Aneka Manfaat Buah dan Daun Jambu Biji

  • 2 min read
  • Sep 08, 2021
Jambu Biji

Jambu biji merupakan tumbuhan tropis yang asalnya dari Amerika Tengah. Buah berbentuk bulat melonjong berwarna hijau dan kekuningan ketika matang sedangkan warna dagingnya ada yang berwarna putih dan merah muda serta memiliki biji yang bisa dimakan.

Jambu biji memiliki kandungan gizi untuk memenuhi kebutuhan gizi dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan vitamin A dan vitamin B9 (folat), karoten berupa likopen yakni senyawa antioksidan yang berfungsi melawan radikal bebas, penyebab timbulnya risiko kanker dan penyakit kardiovaskular.

Selengkapnya berikut manfaat jambu biji serta daunnya berdasarkan kandungan gizi yang ada:

  • Meningkatkan sistem imunitas tubuh

Vitamin C merupakan senyawa antioksidan yang berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, bekerja dengan memperbaiki jaringan tubuh dan melawan radikal bebas. Kandungan vitamin C pada jambu empat kali lebih tinggi dari pada buah jeruk.

  • Meredakan flu dan batuk

Jika Anda sedang flu dan batuk, cobalah konsumsi jambu biji untuk meredakannya. Kandungan vitamin C di dalamnya bersifat antioksidan dan antibakteri yang ampu memecah lendir serta menghilangkan kuman pada tenggorokan dan sistem pernapasan.

Teh  daun jambu biji juga bermanfaat sebagai antioksidan dan meredakan batuk.

  • Menjaga kesehatan jantung

Tidak berhenti di situ, konsumsi jambu biji secara rutin juga baik meningkatkan kesehatan jantung dengan kandungan antioksidan di dalamnya. Antioksidan membantu melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas. Ada pula kalium yang dapat mengontrol tekanan darah, dan serat bisa menurunkan kolesterol yang membahayakan kesehatan jantung.

  • Melancarkan sistem pencernaan

Punya masalah pencernaan, tenang tidak perlu khawatir  karena kandungan serat pada jambu biji membantu melancarkan pencernaan. Konsumsi sedikit saja jambu mengurangi durasi diare, dan untuk menjaga kesehatan usus Anda secara keseluruhan.

  • Membantu mencegah kanker

Sejumlah penelitian mengatakan jambu biji dapat dimanfaatkan untuk membantu mengobati penyakit kanker. Bukan hanya satu bagian, seluruh bagian jambu biji dai ekstrak buah, biji, maupun daun, memiliki khasiat untuk melawan sel kanker.

Baik untuk mengatasi  kanker prostat, kanker usus besar, leukemia, dan melanoma. Sebab kandungan vitamin C, likopen, dan quercetin yang bersifat antioksidan dan anti kanker.

  • Menurunkan kadar gula darah

Jambu biji baik berkhasiat menurunkan kadar gula darah, berkat indeks glikemik yang rendah dan tinggi serat bekerja mencegah melonjaknya gula darah. Bagi pasien diabetes, konsumsi jambu setiap hari dianjurkan untuk mengontrol gula darah, tambahkan teh daun jambu biji untuk penderita diabetes mellitus tipe 2.

  • Baik untuk kesehatan mata

Jambu biji mengandung vitamin A yang sangan penting bermanfaat bagi kesehatan mata. Vitamin A pada jambu biji membantu meningkatkan penglihatan sekaligus yang paling penting mencegah degenerasi makula dan perkembangan katarak.

  • Meningkatkan kesehatan mulut

Senyawa antioksidan dan antibakteri pada jambu biji juga dapat dimanfaatkan untuk membunuh kuman serta melawan infeksi. Baik untuk meredakan gigi dan gusi meradang dan nyeri dengan konsumsi teh atau jua ekstrak daun jambu biji.

Itulah beberapa manfaat jambu biji yang sebenarnya masih banyak lagi lainnya. Belanja jambu biji dapat dilakukan di TaniHub tempat belanja sayur dan buah Online terbaik, dan layanan antar yang cepat serta pilihan metode pembayaran yang bisa dipilih.

Menyediakan buah dan sayur berkualitas langsung dari petaninya sehingga lebih terjamin kualitasnya dan terjangkau harganya. Dan pastinya banyak promo yang membuat belanja makin hemat juga seru.