5 Ciri Aplikasi Pinjam Dana Terbaik 2020

  • 2 min read
  • Apr 12, 2020
5 Ciri Aplikasi Pinjam Dana Terbaik 2020

Di zaman yang serba modern ini semua hal bisa dilakukan dengan mudah termasuk pinjam dana. Sekarang ini sudah banyak aplikasi pinjaman online yang menawarkan pinjaman besar dengan bunga yang cukup rendah. Namun apakah semua penyedia jasa pinjaman online itu sudah terdaftar di OJK?

Kamu yang ingin menggunakan jasa pinjaman online harus jeli dalam memilih agar mendapatkan fintech atau aplikasi pinjaman online yang terbaik dan terpercaya. Ada 5 ciri aplikasi pinjam uang yang terpercaya dan sudah pasti aman digunakan, yaitu:

  1. Sistemnya Transparan

Ciri pertama pinjaman uang online terpercaya adalah mempunyai sistem yang transparan dan mudah untuk dipahami. Sistem yang dimaksud adalah lama pelunasan, simulasi dari cicilan, dan suku bunga yang diberikan.

Pastikan jika aplikasi pinjaman uang yang akan kamu gunakan sudah memberikan sistem yang transparan langsung dari situs resmi atau aplikasi resminya. Dengan sistem yang transparan ini kamu akan merasa lebih aman dan nyaman melakukan peminjaman uang di aplikasi tersebut.

  1. Mempunyai Situs yang Resmi

Ciri lainnya dari pinjaman dana yang terpercaya adalah mempunyai situs yang resmi. Kebanyakan dari kamu tidak mengecek situs yang digunakan oleh penyedia jasa pinjaman online pribadi, hal inilah yang membuat kamu bisa tertipu.

Salah satu penanda jika situs yang digunakan pinjaman online resmi dan aman adalah alamatnya diawali dengan https. Penggunaan https ini sebagai pertanda bahwa situs ini terlindungi dan kecil kemungkinan untuk disadap, sehingga data-data yang disubmit oleh nasabah terenkripsi dengan baik. Jadi pastikan jika situs pinjaman online yang akan kamu pilih menggunakan https.

  1. Bunga Transparan dan Jelas

Mungkin kebanyakan dari kamu berpikiran bahwa pinjaman online terbaik adalah yang memberikan bunga rendah. Kamu harus jeli dalam melihat besaran bunga, bisa jadi nominalnya kecil namun tenornya per hari. Misalnya saja 0,7% per hari, bunga ini terlihat kecil namun jika dihitung dengan biaya administrasi, biaya sewa, dan biaya lain-lainnya menjadikan beban yang harus dibayar nasabah menjadi besar.

Oleh karena itu, pinjaman online terbaik dan tepercaya adalah yang memberikan bunga transparan dan jelas di awal sehingga nasabah tidak merasa terjebak dengan penawaran pinjaman yang diberikan.

  1. Alamat Kantornya Jelas

Kriteria aplikasi pinjaman online yang terpercaya selanjutnya adalah mempunyai alamat kantor yang nyata dan jelas. Walaupun sistem kerjanya secara online pastikan jika fintech yang akan kamu pilih juga mempunyai kantor offline.

Keberadaan kantor offline ini sangat penting karena dengan adanya kantor menunjukkan bahwa fintech ini dapat dipercaya. Oleh karena itu kamu harus cek terlebih dahulu apakah fintech aplikasi pinjaman online yang akan kamu pilih mempunyai kantor fisik atau tidak.

  1. Terdaftar di OJK

Kriteria terpercaya yang paling utama harus dimiliki oleh penyedia jasa pinjaman online adalah terdaftar di OJK. Pinjaman online OJK sudah dipastikan aman karena sudah legal dan mempunyai sertifikat. Lembaga yang sudah terdaftar di OJK sudah bisa dipastikan dapat dipercaya.

Kamu yang ingin mengajukan pinjaman secara online harus jeli dan memastikan jika aplikasi tersebut terdaftar di OJK. Sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman online di aplikasi tersebut pastikan jika aplikasi tersebut mempunyai sertifikat dan nomor registrasi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan Indonesia.

Kamu yang ingin meminjam dana secara online pastikan aplikasi yang dipilih adalah pinjaman online dengan ciri yang sudah disebutkan di atas. Aplikasi pinjaman online yang memenuhi kriteria di atas adalah Kredivo. Kredivo sudah terdaftar di OJK dan memenuhi semua kriteria yang sudah disebutkan.

Pinjam dana di Kredivo sangat aman dan cara pengajuan pinjaman Kredivo juga sangat mudah. Semua prosesnya dilakukan secara online dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Segera unduh Kredivo untuk menunjang keuangan kamu.